Polres Aceh Selatan Tanam 3.200 Manggrove Di Pasie Asahan

Polres Aceh Selatan Tanam 3.200 Manggrove Di Pasie Asahan

- in Humas
100
0

Tribratanewsacehelatan – Polres Aceh Selatan melakukan penanaman sebanyak 3.200 mangrove di sepanjang pantai Pasie Asahan Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (23/08/22).

Penanaman mangrove tersebut dilakukan oleh Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K dan turut dihadiri Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K menjelaskan bahwa, penanaman mangrove dilakukan secara serentak di seluruh Aceh. Jumlah mangrove yang ditanam di seluruh jajaran Polda Aceh yakni 77 ribu.

Penanaman 77 ribu pohon mangrove Aceh Hijau tersebut adalah dalam rangka Hari Kemerdekaan Ke-77 RI yang merupakan Program Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar, SH, MM.

Khusus di Kabupaten Aceh Selatan dilakukan penanaman sebanyak 3.200 batang manggrove, kata Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova.

Menurutnya, tanaman mangrove itu sangat penting keberadaannya, karena memiliki kekuatan yang bertujuan memecah gelombang air laut.

Sehingga keberadaan tanaman mangrove di sepanjang pantai tersebut menjadi salah satu langkah mitigasi bencana.

Mitigasi itu sendiri merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat bencana.

“Oleh karena itu, kita perlu melakukan langkah-langkah mitigasi bencana, agar dapat mengurangi dampak yang dapat ditimbulkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai upaya mitigasi adalah dengan menanam mangrove,” sebut Kapolres Aceh Selatan.

Mangrove juga sebutnya, berfungsi sebagai barrier ketika ombak besar atau musibah tsunami terjadi.

Dengan adanya mangrove, gelombang besar yang terjadi dapat teredam oleh mangrove itu, sehingga dampak kerusakan yang terjadi di daratan dapat diminimalisir.

Di samping itu mangrove juga berfungsi untuk menghambat laju abrasi.

Pada penanaman sebanyak 3.200 di sepanjang Pantai Pasie Asahan Kecamatan Pasie Raja turut dihadiri Ketua DPRK Aceh Selatan, Dandim 0107 / Aceh Selatan, Ketua PN Tapaktuan, Ketua KPH,Kepala Dinas Pertanian, Kepala Kelautan dan Perikanan.

Turut juga hadir PJU Polres Aceh, Para Kapolsek Jajaran Polres Aceh Selatan, Bhayangkari Polres Aceh Selatan, Kompi 1 Bataliyon C Pelopor Brimob, Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Aceh Selatan serta Siswa dan Siswi Pramuka.[Humasresasel]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Program ” Jum’at Curhat “, Kapolres Aceh Selatan Dengarkan Keluhan Masyarakat

Tribrtanewsacehselatan – Pelaksanaan Program “Jumat Curhat” Oleh Kapolres