Polres Aceh Selatan Gelar Pelatihan Hidup Dasar Pada Kecelakaan Lalu Lintas

Polres Aceh Selatan Gelar Pelatihan Hidup Dasar Pada Kecelakaan Lalu Lintas

- in Humas
63
0

Tribratanewsacehselatan – Urkes Polres Aceh Selatan menggelar pelatihan peninggkatan pengetahuan dan keterampilan dasar penanganan korban Kecelakaan lalu lintas di Halaman Mapolres Aceh Selatan, Senin (19 September 2022).

Pelatihan yang digelar Urkes ini diikuti oleh seluruh Personel Polres Aceh Selatan.

Aiptu Karsianto saat membuka pelatihan mengatakan, selain untuk memberikan pemahaman tujuan ini juga untuk meninggatkan pengetahuan personil dalam menangan korban kecelakaan saat di lapangan. ujar Karsianto.

Ditambahkannya, salah satu materi yang disampaikan adalah materi tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support. Menurut Karsianto sudah seharusnya memiliki kemampuan kegawatdaruratan kardiovaskular dalam hal ini Basic Life Support yang berstandar internasional.

“Karena apabila ada kecelakaan , yang pertama kali dicari adalah Polisi. Bagaimana Polisi bisa memberikan pertolongan pertama pada korban, bila dirinya tak memiliki keterampilan?,” katanya.

Oleh sebab itu, menurutnya seorang Poliri harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan Basic Life Support saat bertugas. “Kepada seluruh personel, saya minta agar bersungguh-sungguh menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan agar memperoleh ilmu yang bermanfaat saat bertugas di lapangan,” tandasnya.

Dalam materinya, Dr Rizki menyampaikan pentingnya first responder atau orang yang pertama kali menemukan korban baik itu tenaga medis ataupun tenaga non medis untuk menolongnya dengan melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support.

Dijelaskannya, apabila mendapati korban yang tak sadarkan diri, pertolongan pertama dapat dilakukan dengan memompa dada korban atau memberikan nafas buatan. Dalam kesempatan tersebut juga dipraktekkan cara memompa dada dan pemberian nafas buatan secara mouth to mouth yang benar kepada korban.

Secara khusus, Dr Rizki pentingnya memperhatikan keselamatan leher korban saat mengangkat atau memindahkan korban kecelakaan lalu lintas dalam proses pemberian pertolongan pertama karena dapat menyebabkan hal yang fatal. “Harus diusahakan agar leher korban tidak bergerak saat dipindahkan,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K diharapakan personel mampu menerapkan pelatihan ini apabila ada terjadinya kecelakaan di lapangan.[Humasresasel]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

BHABINKAMTIBMAS TINJAUAN LANGSUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN TANAMAN KACANG KUNING GAMPONG SAWANG BA’U

Tribratanewsacehselatan – Dalam rangka menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat