Jum’at Curhat Polres Aceh Selatan, Para Keucik Sampaikan Keluh Kesahnya

Jum’at Curhat Polres Aceh Selatan, Para Keucik Sampaikan Keluh Kesahnya

- in Humas
100
0

 Tribratanewsacehselatan – Polres Aceh Selatan menggelar Jumat Curhat dalam rangka Program Quickwins Presisi Polres Aceh Selatan yang bertempat di Gampong Simpang Empat Kluet Utara tepatnya di salah satu warung kopi, Jum’at (25 November 2022).

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat melepaskan Curhatan kepada Polri yang menjadi acuan agar dapat memperbaiki pelaksanaan tugas Polri ke depan.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru,S.I.K. diwakili Wakapolres Aceh Selatan Kompol Iswar, SH menampung segala persoalan yang terjadi di masyarakat melalui informasi dari para keuchik di Kluet Utara.

Ada beberapa persoalan yang mendasar di masyarakat menjadi curhatan para keuchik, diantaranya penanganan laporan masyarakat yang harus langsung ke Polres Aceh Selatan, hal ini disampaikan Keuchik Gampong Kota Fajar, Tgk. Sudirman.

Sudirman mengatakan hal ini menjadi persoalan disaat masyarakat merasa terbebani kalau harus melapor ke Polres, di samping jarak yang jauh, juga biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat.

Hal lainnya juga disampaikan adalah permintaan agar pengurusan ADM seperti bayar Pajak kendaraan dan SIM agar dapat diselenggarakan di Kecamatan Kluet Utara, permintaan ini disampaikan Ketua Forum Keuchik Kluet Utara, Muzakkir, menurutnya jika tidak dilakukan demikian maka banyak masyarakat yang enggan mengurus pajak atau SIM.

” Jika pengurusan ini dapat dilaksanakan di kecamatan maka dengan sendirinya masyarakat akan antusias melakukannya dan akan berpengaruh positif untuk peningkatan pendapatan daerah,” ucapnya.

Selain itu, Keuchik Simpang Empat Safruddin menyampaikan agar permasalahan dan kasus tanah agar dapat dipermudah penanganannya.

Di bidang agama, Tgk. Chairul Ahmad meminta agar ada solusi dan penanganan di setiap mesjid di Kluet Utara agar dapat ditertibkan pengendara terutama para pemuda yang sengaja menggeber kendaraannya disaat para jamaah hendak shalat.

Keuchik Gunung Pudung Wismiadi Aris dalam curhatnya meminta agar ada penjelasan tentang batas hutan adat dan hutan lindung sehingga masyarakatnya tidak salah atau menjadi pelaku kriminal ilegal logging.

Menanggapi hal itu, mewakili Polres Aceh Selatan, Kasat Lantas Polres Aceh Selatan, Iptu Alfi Syahrin menyoroti permasalahan anak muda yang balap dan geber motor di depan mesjid, menurutnya ini semua dapat diminimalisir jika semau pihak bertanggung jawab, sejak dari kepolisian, warga hingga orang tua.

Sedangkan untuk pengurusan SIM hal itu akan diupayakan dengan mengahdirkan mobil SIM keliling, demikian halnya untuk pengurusan pajak, dimana saat ini dapat dilakukan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Pos secara Online.

” Kami imbau agar para orang tua membatasi penggunaan kendaraan bermotor kepada anak-anak agar terhindar dari kejadian laka lantas, demikian juga untuk tetap patuh menggunakan kelengkapan berlalulintas,” pesannya.

Kasat Reskrim Polres Aceh Selatan Iptu, Deno Wahyudi juga menanggapi persoalan penanganan kasus di desa yang sudah tertuang dalam Qanun Aceh no 9 tahun 2008 ada 18 perkara yang dapat diselesaikan di desa.

” Kalau sudah tidak selesaikan di desa maka silahkan dibawa ke polsek kalau tidak selesai kasusnya baru diselesaikan ke Polres,” ujarnya.

Untuk masalah batas hutan adat dan lindung pihaknya tidak bisa menentukan, namun akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk bisa ke lapangan biar jelas batasnya dan jenis kayunya.

Kepada para keuchik, Kasatreskrim berpesan agar setiap penyelesaian perkara di desa seperti khalwat, agar para keuchik tidak melakukan perbuatan dalam melakukan tindakan yg melanggar hukum dan berkoordinasi dengan Polsek Kluet Utara.

Mewakili Kapolres Aceh Selatan, Wakapolres juga menyampaikan dilaksanakan Program Quikkwins Presisi Jumat Curhat ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat kepada Polri sehingga ada penilaian masyarakat kepada Polri yang baik.

“Setiap permasalahan yang terjadi akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang ada dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait melalui Kasat Reskrim Polres Aceh Selatan dan Kasat Lantas Polres Aceh Selatan,” ucapnya.

Kompol Iswar juga menghimbau kepada masyarakat jika ada pengaduan dapat menghubungi call center 110 atau di No.Hp. 081370192022 (Kasat Lantas Polres Aceh Selatan), 081269651979 (Kasat Reskrim Polres Aceh Selatan).

” Perlu kerja sama antara masyarakat dengan pihak kepolisian dalam memberantas Narkoba dengan cara memberikan informasi kepada kami yaitu (pihak Sat Narkoba) untuk segara menindak lanjuti,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kluet Utara, Misbah S.Ag sangat mengapresiasi langkah dan upaya Kapolres Aceh Selatan menyerap aspirasi masyarakat yang selanjutnya dijadikan masukan dalam pelaksanaan tugas personel Polres Aceh Selatan guna mengayomi masyarakat.

” Kegiatan ini sangat mengedukasi masyarakat, baik sisi hukum maupun norma, sekaligus dapat menambah kedekatan antara masyarakat dan Polri, kami sangat mendukung program ini,” tutupnya.[Humasresasel]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sambang Kedai Kopi Cara Bhabinkamtibmas Menyampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Warganya

Tribratanewsacehselatan – Bhabinkamtibmas Polsek Labuhan Haji Timur Polres