Kapolres Aceh Selatan Hadiri Kegiatan Rakor Perlindungan Hutan di Wilayah Aceh Selatan

Kapolres Aceh Selatan Hadiri Kegiatan Rakor Perlindungan Hutan di Wilayah Aceh Selatan

- in Humas
424
0

Tribrataacehselatan – Bertempat di Aula Hotel Dian Rana Tapaktuan Kapolres Aceh Selatan mengahadiri kegiatan Rapat Koordinasi pembangunan kesepakatan bersama tentang perlindungan kehutanan di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.Rabu(9/5/18).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Sdr Irwandi M.Pante, Pasi Ops Kodim 0107 Asel Kapten Inf Kamsita, Kajari Aceh Selatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sdr Mirjas,Msi, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sdr Awaluddin,S.Hut, Kepala Badan Kesatuan Pengelola Hutan Sdr Azrul,S.Hut, Perwakilan Taman Nasional Gunung Lauser Sdr Arif Saifuddin,S.Si, Perwakilan Forum Konserfasi Lauser Sdr Taufan, Perwakilan Orangutan Informasi Center Sdr Aldi Anhar, Perwakilan Yayasan Ekosistem Lestari atau Sumatra Orangutan Conservation Programe Sdr Subhan,S.Hut, USAID perwakilan Aceh Selatan, Perwakilan KFW Aceh Selatan. Sdr. Hendra
dan WCSIP perwakilan Aceh Selatan. Sdr. Feri.

Rapat koordinasi ini diselenggaran terkait pembangunan dan perlindungan kawasan hutan di kabupaten aceh selatan seperti kawasan Taman Nasional Gunung Leuser TNGL dan kawasan konservasi Rawa Trumon Singkil yang terdiri dari keberagaman pola ekosistem hutan hujan tropis menjadikan kawasan ini memiliki tingkat keanekaragaman ekosistem hayati yang tinggi dan diantaranya terdapat jenis tumbuhan, mamalia, reptilia, Amphibia, primata dan jenis burung.
Dengan hal tersebut diperlukan upaya dan komitmen dari berbagai pihak guna menjaga keutuhan kawasan hutan. Salah satu bentuk komitmennya adalah penegakan hukum dalam mencegah tindak pidana kehutanan dan atau kebakaran hutan, perburuan, peredaran dan perdagangan tumbuh-tumbuhan dan satwa liar dilindungidi Kawasan Taman Nasional dan kawasan konservasi.

Adapun Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah mencapai Kesepakatan Bersama serta sebagai wadah koordinasi antar instansi pemerintah, Polri, TNI serta LSM pemerhati dan peduli hutan agar terciptanya persamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam melaksanakan tugas Pengamanan dan Perlindungan Kawasan hutan dan sekitarnya. Kegiatan ini sangat diperlukan guna menyelamatkan kawasan hutan serta mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

AKBP Dedy Sadsono,ST Kapolres Aceh Selatan berharap kawasan hutan diwilayah aceh selatan ini dapat terlindungi dari perambahan, perburuan hewan dan tanaman serta terjaga kelangsungan fungsinya sehingga terus dapat memberikan manfaat bagi generasi sekarang dan yang akan datang.[Humasresasel]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kapolsek Trumon Monitoring Penerapan Protokol Kesehatan Di Pasar Tradisional

tribratanewsacehselatan – Kapolsek Trumon Ipda Adrizal. S.Pd melaksanakan